Belati Peninggalan Raja Tutankhamun

Belati Peninggalan Raja TutankhamunRaja tutankhamun atau yang biasa kita kenal dengan sebutan raja tut atau king tut ini memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah. Dimulai dari pemakaman yang menggunakan proses mumifikasi atau pengawetan yang dengan budaya, adat istiadat, dan tradisi dari para kerajaan, pejabat, bangsawan, dan orang kaya yang mewajibkan proses mumifikasi untuk pemakaman. Selain proses mumifikasi yang menjadi kan raja raja atau firaun dari masa ke masa yang memimpin dan memerintah dalam pemerintahannya setiap raja juga akan membawa seluruh harta kekayaan nya termasuk harta, perhiasan, barang antik atau berharga, dan lain lain yang memiliki nilai yang berharga dan cukup mahal. Banyak sekali barang barang berharga dan antik dari raja tutankhamun sendiri yang ikut dimakamkan bersama nya seperti sandal emas, peti emas, patung, topeng, dan belati yang kini semua nya sudah di amankan dan dipajang di museum mesir untuk diperlihatkan ke semua orang tentang sejarah dan peninggalan bersejarah.

Belati Raja Tutankhamun

Raja tutankhamun memiliki sebuah peninggalan sejarah yaitu salah satu belati sebuah pisau yang tajam hampir serupa dengan pisau. Belati ini di dapati oleh pada penemu arkelog asal inggris di dalam kuburan raja tutabkhamun yang di letakan persis tepat di samping raja tutankhamun sendiri. Saat mumi tersebut di temukan banyak sekali peninggalan sejarah dan berharga lain nya selain belati ini contoh nya seperti harta kekayaan, perhiasaan, sandal emas dan belati salah satu nya. Belati yang di miliki oleh raja tutankhamun ternyata memiliki kualitas dan beberapa komposisi manufaktur yang mempunyai kualitas yang sangat tinggi dan bagus. Hasil penemuan belati yang sudah kurang lebih sekitar 3.000 tahun lama nya itu masih bisa berfungsi dengan baik dan memiliki kualitas ketajaman yang bagus pula. Bahan dasar pembuatan belati itu sendiri pun di buat dari besi meteroit.

Besi meteroit sendiri terbukti karena menghasilkan persentase nikel yang sangat tinggi dan bagus. Dengan ada nya zat besi, dengan kadar nikel dan kobalt yang memungkin kan benda tersebut berasal dari luar bumi sehingga para penemu arkeolog asal inggris ini mengklaim jika penemuan nya berupa belati peninggalan dari raja tutankhamun asal mesir kuno ini bukan lah belati yang sembarang. Belati tersebut memiliki ciri khas dan bentuk yang unik dan beraneka ragam dengan dilengkapi penutup belati dan juga dilengkapi dengan hiasan di pegangan emas yang dihias dengan motif bunga bakung di satu sisi dan pola bulu pada belati lainnya. Saat ini belati tersebut sudah diamankan sejak penemuan tersebut ditemukan oleh Howard Carters pada tahun sekitar kurang lebih 1925. Meskipun sudah memiliki usia yang lebih dari 3.000 tahun lama nya tetapi belati ini tidak memgalami perubahan apapun ssperti berkarat, lapuk dan lain lain.

 

Belati Peninggalan Raja Tutankhamun

Asal mula dan bahan Belati Raja Tutankhamun

Bahan yang digunakan untuk membuat belati ini adalah berupa peralatan dari besi yang berasal dari meteroit pada zaman sebelum besi ada. Banyak peniliti sudah mengkofirmasi perihal pembuatan bahan dasar belati tersebut yang sudah memakan usia cukup lama tetapi tetap tidak mengalami perubahan seperti berkarat atau lapuk. Banyak peneliti mengungkapkan beberapa pendapat nya bahwa belati ini terbuat dari material angkasa alis di luar bumi yang dimana pada saat itu pembuatan belati melibatkan sinar X non deskruktif. Banyak yang beranggapan bahwa belati tersebut adalah pemberian dari kakek raja tut sendiri yang bernama mitanni yang menjelaskan bawah meteroit itu telah mendarat di salah satu bagian bumi yang tidak di ketahui secara pasti di mana letak dan posisi dari bagian atau belahan bumi tersebut.